Nama Guru : Mira Agustina
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas :
XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3
Pertemuan : 7
KD : Menjelaskan program linier dua variable dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual.
Tujuan Pembelajaran :
Melalui pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning, peserta didik diharapkan mampu Menyusun model matematika dari suatu masalah program linier dengan teliti dan tepat serta aktif, toleran dan bekerjasama dalam kelompok
Materi : Program Linear
Metode : Diskusi-Tanya Jawab
Strategi :
1. Siswa ditanya materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya yakni mengenai Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel
2. Siswa mengingat kembali syarat suatu SPL harus memiliki unsur pembeda x dan y
3. Guru menanggapi jawaban peserta didik serta menguatkan pemahaman peserta didik mengenai permisalan x dan y untuk menyelesaikan masalah
3. Guru meminta siswa untuk mengamati permasalahan yang ditampilkan. Guru menanyakan "setelah membaca permasalan tersebut, dapatkah kalian menyimpulkan apa yang diminta soal?
4. Peserta didik menjelaskan apa yang dimaksudkan soal serta metode penyelesaiaannya
5. Guru memperkuat jawaban peserta didik
6. Guru memberikan permasalahan yang lain untuk memperkuat pemahaman peserta didik
7. peserta didik berdiskusi untuk menentukan model matematika yang digunakan
8. Peserta didik menarik kesimpulan
Kesimpulan :
- Siswa bisa membuat model matematika dari masalah yang ada
- Siswa bisa menentukan nilai optimum, apakah mencari nilai maksimum atau minimum
- Siswa dapat menentukan titik kritis
- siswa dapat menghitung fungsi objektif
Materi dan Latihan
Untuk Latihan Kerjakan:
Uji Kompetensi di Buku cetak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar