Nama Guru : Mira Agustina
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas :
X-8, X-9
Pertemuan : 7
CP : Peserta didik dapat menggeneralisasi sifat-sifat bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan). Mereka dapat menerapkan barisan dan deret aritmetika dan geometri, termasuk masalah yang terkait bunga tunggal dan bunga majemuk.
Tujuan Pembelajaran :Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi eksponensial
Materi : Fungsi Eksponensial
Metode : Diskusi-Tanya Jawab
Strategi : Discovery Learning
Pengembangan Materi:
Alur Pembelajaran
1. Guru bertanya kepada peserta didik untuk mengingat kembali materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
2. Peserta didik menjawab materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya yakni mengenai Persamaan Eksponensial
3.
Guru mengarahkan serta menghubungkan kaitan antara materi sifat-sifat
eksponensial dengan materi berikutnya yakni fungsi eksponensial,
serta mengingatkan kembali siswa untuk mempertajam pengetahuan mereka
pada materi sifat-sifat eksponensial karena merupakan materi prasyarat
untuk mempelajari materi persamaan eksponensial
4. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok, peserta didik duduk sesuai dengan kelompoknya
5. Guru menayangkan slide PPT berupa materi fungsi eksponensial berupa bentuk persamaan, syarat, serta contoh soal
6. Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya jika ada hal yang belum dimengerti
7. Guru menjelaskan kepada peserta didik
8. Peserta didik diberikan latihan, dikerjakan secara berkelompok. Peserta didik menentukan himpunan penyelesaiaan fungsi eksponensial
9. Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas
10. Kelompok yang lainnya menanggapi jika ada pertanyaan atau hal yang belum dipahami
11. Guru memperkuat jawaban peserta didik
12. Peserta didik membuat kesimpulan kegiatan pembelajaran hari ini
13. Peserta didik diberikan informasi untuk materi pada pertemuan berikutnya
Kesimpulan:
Untuk mempelajari materi Fungsi Eksponensial, maka siswa harus memahami diagram kartesius, memahami sifat-sifat eksponensial, serta bisa membaca grafik himpunan penyelesaian. Dalam hal ini tidak ada kendala yang berarti siswa dalam memahami materi ini. Intinya kalau siswa bisa membaca grafik insya Allah aman.
Materi:
Materi lebih luas silahkan buka link berikut:
Untuk tugas:
Buku pegangan siswa, Uji Kompetensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar