Nama Guru : Mira Agustina, S.Pd
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : XII IPA/IPS
Pertemuan : 4
Kode KD
3.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang).
4.1 Menentukan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang).
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu Menentukan jarak antar titik dalam ruang, serta aktif, toleran dan bekerjasama dalam kelompok.
Materi : Jarak Titik ke Garis Pada Bangun Ruang (BAB I. Geometri Ruang)
Metode : pendekatan scientifik dengan model Discovery Learning
Strategi :
1. Guru menyampaikan KD dan tujuan pembelajaran
2.
Guru menanyakan materi yang telah dipelajari siswa sebelumnya yang
berkaitan dengan materi geometri ruang. " apa yang kamu ketahui tentang jarak titik ke titik, dapatkah kalian menyebutkan secara langsung rumus diagonal bidang dan diagonal ruang pada kubus? " pertemuan ini melanjutkan materi jarak titik ke garis
3.
Siswa diminta memperhatikan gambar jarak titik ke garis dan memahami syarat untuk mencari jarak titik ke garis
4. Guru menanggapi pekerjaan siswa, menguatkan jawaban siswa
5. Diberikan satu contoh kubus ABCD.EFGH dengan rusuk diketahui Siswa
berdiskusi menentukan jarak titik A ke suatu garis
6. Siswa mendefinisikan konsep jarak dari titik ke garis
7. Untuk bisa menjawab siswa mengingat kembali tentang rumus Phytagoras pada segita siku-siku serta menggunakan rumus kesamaan luas dua segitiga
8. Siswa menarik kesimpulan.
Kesimpulan:
Untuk dapat menentukan jarak titik ke garis, siswa harus bisa menentukan:
- gambar bangun runag
- tarik garis yang menghubungkan garis
- diagonal bidang = S akar 2
- diagonal ruang = S akar 3
- rumus phytagoras
- rumus luas segitiga, serta bentuk segitiga
10. Untuk penguatan siswa diminta mengerjakan latihan 3 soal Essay di buku latihan.
Pengembangan Materi :
Latihan Soal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar