Senin, 20 Juli 2020

MTK WAJIB UNTUK KLS XI IPA 5 dan XI IPA 1 TODAY (20 JULI)

assalamualaikum kembali lagi di mtk wajib
pagi ini kita akan membahas pertidaksamaan linear satu variabel
kita belum pakai buku cetak dulu yah nak, karena dibuku cetak langsung masuk ke pertidaksamaan linear dua variabel. untuk itu anak-anak ibu catat dulu materi yang ibu berikan yaa.
Pertidaksamaan linear satu variabel.......????
adalah kalimat terbuka yang dinyatakan dengan menggunakan tanda/lambang ketidaksamaan/pertidaksamaan dengan satu variable (peubah) berpangkat satu.
 
bagaimana sih grafik penyelesaian pertidaksamaan linear satu variabel???
okee baik deh ibu kasih tau nih....
Tentukan daerah penyelesaian dari :
  1. x > 0
  2. y > 0
1. x > 0 mempunyai persamaan x = 0, ini merupakan garis lurus, yang berimpit dengan sumbu y. Daerah penyelesaian dengan mudah dapat dicari yaitu daerah di sebelah kanan garis atau sumbu y karena yang diminta adalah x > 0. Untuk daerah penyelesaiannya lihat gambar di bawah ini !
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjeTByPUosG7NCzCE9NAMJC3XA43n47njwSeyF391kH0WChuYNcV2ZU8i4Rs91IjJEMnnLynS2CW5bi27-enhJmMgr2set7eRM_3mVKc9k_M8ItPFhAuhfRcSWlYRWIDuStQ5L1TMlKFICQ/s1600/z1%25285%2529.PNG

HP = x >
2. y > 0  mempunyai persamaan y = 0, ini merupakan garis lurus yang berimpit dengan sumbu x. Daerah penyelesaiaan dengan mudah dapat dicari, yaitu daerah di sebelah atas garis atau sumbu x karena yang diminta adalah untuk y > 0. Untuk daerah penyelesaiannya lihat gambar di bawah ini !
 
HP = y > 0
ibu punya contoh lain nihh
tentukan grafik penyelesaian dari :
  1. x <  2
  2. x > -1
  3. 2 < x < 4
  4. -1 < y < 2
jawaban...



1. x < 2 mempunyai persamaan x = 2. Daerah penyelesaian adalah daerah di sebelah kiri garis karena yang diminta adalah untuk x <  2. Untuk daerah penyelesaiannya bisa di lihat pada gambar di bawah ini !
 
2. x > -1 mempunyai persamaan x = -1. Daerah penyelesaian adalah daerah di sebelah kanan garis karena yang diminta adalah untuk x > -1. Untuk daerah himpunan penyelesaiannya lihat gambar di bawah ini !
 
3.  2 < x < 4 mempunyai persamaan x = 2 dan x = 4. Daerah penyelesaiaan adalah daerah di antara kedua garis tersebut. Untuk daerah penyelesaiannya lihat gambar di bawah ini !
 
4. -1 < y < 2 mempunyai persamaan y = -1 dan y = 2. Daerah penyelesaian adalah daerah di antara kedua garis tersebut. Untuk daerah penyelesaiannya bisa lihat pada gambar di bawah ini !
 
bu miraaa...
aku mau tanya, kok garis di grafik penyelesaiaannya ada yang garis utuh dan garis putus-putus????
bu mira jawab yaaa..
garis utuh   : jika pertidaksamaannya terdapat sama dengan (=)
garis putus-putus : jika pertidaksamaannya tidak terdapat tanda sama dengan
okeey paham yah nak
materi hari ini sampai sini saja
salam kangen untuk kalian semua 
wassalamulaikum





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Turunan Fungsi Aljabar

Nama Guru           : Mira Agustina Hari/tanggal          : Selasa/21 Mei 2024 Kelas                      : XI IPA 2 Materi                 ...