Selasa, 26 Maret 2019

Tokoh-Tokoh Matematika Dunia

    Tokoh-Tokoh Matematika Dunia
    1. Thales (Yunani, 624-546 SM)
Thales adalah salah satu tokoh matematika yang fokus terhadap ilmu-ilmu matematika, astronomi, fisika dan ilmu alam

thales
 
 Thales lahir di Yunani dan ketika dewasa Thales pergi ke Mesir untuk belajar. Thales pernah mencoba mengukur ketinggian piramida dengan menggunakan konsep ruang dan waktu untuk bangun selain itu Thales juga pernah memprediksi peredaran Matahari. Oleh karena itu Thales sering disebut sebagai bapak Matematika dan Astronomi.

    2. Phytagoras(Yunani, 582-493 SM)
Phytagoras memiliki gelar master filsafat, dan juga ia juga mempelajari musik dan ilmu-ilmu lainnya.




phytagoras
Sama seperti Thales, Phytagoras lahir di Yunani dan kemudian ke Mesir dan Babilonia untuk belajar. Untuk kalian yang sudah mempelajari materi segitiga siku-siku pasti tidak asing dengan kata “Phytagoras”. Ya, rumus segitiga siku-siku identik dengan rumus Phytagoras. Sesuai dengan nama penemu rumus tersebut yaitu Phytagoras sendiri.
Phytagoras adalah orang yang menemukan bukti-bukti yang menjelaskan bahwa dalam segitiga siku-siku, kuadrat dari sisi miring sama dengan jumlah kuadrat dari kedua sisi yang lainnya.

      3. Euclides (Yunani, sekitar 300 SM)
    Euclides dikenal sebagai bapak geometri yang banyak mengemukakan teori bilangan dan geometri.
    euclides
    Euclider lahir di yunani, ia menulis 13 jilid buku tentang geometri. Dalam buku-bukunya ia menyatakan aksioma atau pernyataan-pernyataan sederhana dan membangun semua bukti tentang geometri berdasarkan aksioma yang ada.

      4. Archimedes (Yunani, 287-212 SM)
Archimedes adalah ahli matematika dan penemu dari Yunani yang terkenal, ia mempelajari matematika, fisika dan membuat banyak penemuan.


archimedes
    Archimides menemukan sebuah prinsip tuas yang dapat menggerakkan benda berat hanya dengan sedikit usaha yang terkenal dengan sistem katrol yang didemonstrasikannya dengan menarik sebuah kapal sendirian saja.

        5. Ali bin Abi Thalib (Saudi Arabia 658-695 M)
      Ali bin Abi Thalib adalah seorang ilmuan yang berasal dari Arab.
      ali-bin-abi-tholib
      Ali bin Abi Thalib lahir sekitar 13 Rajab 23 Pra Hijriah/599 Masehi, beliau wafat pada 21 Ramadan 40 Hijriah/661 Masehi. Sejak kecil Ali bin Abi Thalib suka untuk mencari dan berbagai ilmu. Ali juga ikut berpartisipasi dengan Nabi Muhammad. Kemudian Ali menikah dengan putri Rasul, Fatimah ra dan tinggal di tempat yang sangat sangat sederhana. Meski tinggal di kesederhanaan Ali tidak surut dalam mencari ilmu pengetahuan, tak heran bila Rasul pernah bersabda, “Jika saya Kota Ilmu maka Ali adalah gerbang“.
      Ali mempopulerkan simbol angka dalam huruf Arab dengan yaitu 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 dan 0. Ali juga yang menyederhanakan penulisan lambang dari angka Romawi di mana sepuluh dengan “X”, dengan “C” ratus, seribu dengan “M” dan seterusnya
      6. Al-Khwarizmi (Persia, 780-850 M)
      7. Ibnu Sina (980 – 1037 M)

        8. Leonardo Da Vinci (Italia, 1452-1519 M)
      Sejak kecil Leonardo Da Vinci telah menunjukkan kemampuan khusus dalam bidang matematika, lukisan musik, dan lainnya.
      leonardo-da-vinci
      Leonardo Da Vinci juga mempelajari geometri dan menggunakan metode membuat subjek lukisan jatuh di atas segitiga imajiner. Metode ini disebut komposisi piramida. Untuk melukis gambar ruang pada kanvas datar ia menggunakan semua metode garis horizontal paralel terlihat menuju titik tertentu. Metode ini dikenal dengan nama perspektif.
      9. Galileo Galilei (Italia, 1564-1642 M)
      10. Blaise Pascal (Prancis 1.623-1.662 M)
      11. Isaac Newton (Perancis, 1.642-1.727 M)
      12. Gottfried Wilhelm Leibniz (Jerman 1.646-1.716 M)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Turunan Fungsi Aljabar

Nama Guru           : Mira Agustina Hari/tanggal          : Jumat/17 Mei 2024 Kelas                      : XI IPA 1 Materi                  ...